Thursday, April 17, 2014

[TIPS] Dimana sih posisi nomor mesin dan rangka Mitsubishi Kuda Bensin dan Kuda Diesel..?





Nah,..itu pertanyaan yang sering aku denger saat telp. berdering dimeja kerjaku khususnya bagi pelanggan yang ingin melakukan "esek-esek" nomor mesin dan rangka mobil Kudanya.
Begini,.......Sebelumnya kita bahas dulu ya mengenai sedikit varian Mesin Mitsubishi Kuda. Ada 3 varian mesin yang dipakai di Mitsubishi kuda yaitu:
1. Mesin Bensin 1600cc 4G18 S3 SOHC (Carburator)
2. Mesin Bensin 2000cc 4G63 SOHC MPI (Multi Point Injection)
3. Mesin Diesel 2500cc 4D56 SOHC

Untuk mesin 1600cc posisi nomor mesin ada di sebelah kanan dekat intake manifold dan posisinya agak ke dalam deket firewall.
Untuk mesin 2000cc posisinya agak sulit dilihat karena kita harus sedikit ngolong dan posisinya berdekatan dengan filter oli disebelah kanan bawah.
Untuk mesin Diesel 2500cc ini yang paling gampang ada di sebelah kiri dan posisinya agak ke dalam deket firewall dibelakang atas pompa injeksi.
Dan untuk nomor rangka semua sama posisinya ada si sebelah kanan chassis dekat roda belakang kanan.
Untuk jelasnya liat photo-photo disamping ini,......
Selamat melakukan "esek-esek"

Keep on Rolling Kuda-Klub

Wednesday, April 09, 2014

[TIPS] Yuk,..berkendara dengan ECO-DRIVE

Banyak orang mengeluhkan kalau kendaraan nya boros bahan bakar, itu karena faktor mobil dan selalu mobil yang disalahkan.
Tapi sebenarnya borosnya bahan bakar itu tidak melulu harus kondisi mobil yang menjadi penyebab. Ada kalanya satu mobil dipakai oleh si "A" katanya boros tapi begitu dipakai oleh si "B" ternyata tidak boros.
Kalau itu terjadi maka penyebabnya bukan hanya mobil dong,..tapi dari cara memakai kendaraan itu sendiri atau istilah kerennya "DRIVING HABBIT", dan tiap orang driving habbitnya berbeda.
Untuk itu pada mobil2 modern yang mesin dan transmisinya sudah dikontrol oleh ECU atau Engine Control Unit, sudah menerapkan INVECS atau INteligent Vehicle Electronic Control System, pengaturan kontrol kendaraan akan mengikuti driving habbit masing2 drivernya sehingga didapatkan penggunaan bahan bakar yang optimal.
Tapi bagaimana dengan mesin2 konventional, yang masih pakai karburator dan juga injeksi tapi belum INVECS,..jalan keluarnya untuk mendapatkan penggunaan bahan bakar yang optimal harus menerapkan ECO-DRIVE.
Tapi sebelumnya simak deh faktor apa saja sih yang bisa membuat pemakaian bahan bakar bisa boros,..ini dia informasinya:
Faktor-Faktor yang membuat bahan bakar boros

Trus bagaimana cara untuk melakukan Eco-Drive,..ini dia langkah-langkahnya:
Langkah melakukan Eco-Drive
Selamat berkendara dengan ECO-DRIVE ya,..mudah2an mobilnya jadi tambah uirit bahan bakar.

Saturday, April 05, 2014

[TIPS] Tutup pengisian Bensin atau Solar Mitsubishi Kuda susah dibuka dari dalam, setel aja,...

tutup pengisian bbm sulit dibuka dari dalam
Kadang-kadang tutup pengisian Bahan Bakar Minyak di Mitsubishi Kuda agak susah dibuka, walaupun tuas pengungkitnya sudah ditarik secara full keatas,..tetap aja tutup pengisian gak terbuka, kalau sudah begini biasanya tutup pengisian di congkel pakai obeng minus atau benda pipih lainya,...
Sayangkan jadi rusak tutupnya karena dibuka paksa,...heuuuuu,....


Ada beberapa penyebab kenapa tutup tersebut tidak bisa terbuka, antara lain:
1. Kabel penghubung dari pengungkit di jok depan kanan menuju tutup pengisian putus.
2. Karena usia yg cukup bangkotan maka kabel bisa saja macet. .
3. Karena usia juga maka jarak main kabel sudah mulur, sehingga kabel tidak mampu menarik pengunci di tutup pengisian supaya bebas, makanya tutup pengisian gabisa kebuka
SOLUSI:
Untuk kasus nomor 1 dan nomor 2 sebaiknya kabel penghubung ke penutup pengisian diganti baru.
Dan untuk kasus nomor 3, kita bisa melakukan penyetelan dan sedikit modifikasi supaya kabel dapat mampu tetap menarik pengunci tutup pengisian bahan bakar dengan baik.
skema alur kabel pengait untuk membuka tutup pengisian bahan bakar

Yuuuk simak tips nya berikut ini:
1. Tidak ada alat yang perlu disiapkan karena memang kita gak perlu alat.
2. Siapkan binder clip atau penjepit kertas hitam satu buah ukuran kecil yaitu nomor105 saya pakai merk kenko.
3. Mobil Mitsubishi Kuda saya bukannya tidak bisa dibuka tutup pengisian BBM nya tapi saat tuas diangkat atau ditarik, tutup tidak terbuka lebar alias tendangan tutup kurang karena plastik damper spring patah.
plastik damper spring patah, jadi efek daya dorong tutup kurang
4. Untuk itu saya kasih binder clip dibagian tutup nya, supaya saat tuas ditarik maka ada efek tendangan yg kuat pada tutup sehingga dia dapat terbuka lebar,..dan ini terbukti.
5. Pasang binder clip dibagian bawah cukup satu saja dan kawat nya biarkan tetap menempel dibagian dalam (lihat photo diatas tuuh)
6. Untuk memudahkan tutup pengisian BBM terbuka, sebaiknya pelat penguncinya agak ditekuk ke dalam, jangan terlalu menekuk kedalam nanti malah tutupnya gak bisa terkunci, jadi tekuk secukupnya saja biar tetap bisa "ngelock"
Langkah penyetelan tutup pengisian bahan bakar di Mitsubishi Kuda
7. Coba buka tutup penutup pengisian bbm nya beberap kali dan liat tendangan tutupnya setelah dipasang binder clip,..jadi terbuka lebar kan dan mudah terbuka,!!
coba buka tuas pembuka tutup pengisian bahan bakar

8. Selamat mencoba tips sederhana ini,...

Bravo Kuda-Klub

Saturday, March 29, 2014

[TIPS] Ganti lampu Speedometer Mitsubishi Kuda

Lampu original speedometer ganti dengan LED warna biru
Bosan dengan tampilan lampu speedo yg biasa aja,....
Udah gitu kondisi lampu juga sudah redup dan nggak terang,..jangankan untuk liat posisi angka2 di speedo,.. mau liatnya aja udah males lhaaa gak kliatan alias burem,...
Dari ada galau mending ganti aja lampu speedo yg biasa dengan model LED, selain lebih terang tampilan warna juga bisa dipilih, mau warna putih, biru, hijau, merah, kuning, ungu juga ada,..
Yuuk simak gimana cara mengganti lampu speedo meter di Mitsubishi Kuda.
Berikut langka-langkahnya:
1. Siapkan alat dan bahannya yaitu: obeng kembang dan lampu LED T10 sebanyak 4 buah
LED yg saya pilih warna biru
2. Buka dulu cover speedometer dengan obeng kembang, gimana caranya,.... buka link dibawah ini:
    http://achenk177.blogspot.com/2012/10/tips-melepas-speedo-meter-assy.html
3. Setelah speedometer terlepas nanti akan terlihat 5 (lima) buah soket lampu T10, tapi disini saya hanya mengganti 4(empat) lampu saja dimana soketnya yg berwarna Abu-abu dibagian atas, sementara soket yang bawah warna HITAM tidak saya ganti.
Saya ganti LEDnya khusus untuk soket lampu yg warna abu-abu 4 buah
Catatan: kenapa kok gak diganti semua di kelima lampunya, ya karena kalau saya ganti lampu LED yg disoket hitam nanti indikator lampu ketinggian bahan bakar (biasanya akan menyala kalau batas ketinggian bahan bakar sudah minim) akan seolah2 menyala,..ini yg saya tidak inginkan.
4.Kalau dibandingkan antara lampu speedo original dengan LED pengganti ujungnya sama saja cuma di LED ujungnya pipih.
perbedaan lampu speedo original dan LED T10

5. Setelah ke empat LED terpasang, maka kembalikan speedometer assy keposisi semula.
6. Cara memasang adalah kebalikan dari cara melepaskannya.
7. Kemudian coba hidupkan lampu senja, dan lihat hasilnya, tampilan speedometer menjadi lebih terang dan mudah dibaca,..
nih beda tampilannya

Silakan dicoba dan selamat mengerjakan,..!!!

Thursday, March 27, 2014

Mampukah Kita mencintai Istri Kita tanpa syarat,...???

Ini cerita nyata, beliau adalah Bp. Eko Pratomo, Direktur Fortis Asset Management yg sangat terkenal di kalangan Pasar Modal dan investment, beliau juga sangat sukses dlm memajukan industri reksadana di Indonesia. Apa yg diutarakan beliau adalah sangat benar sekali. Silahkan baca dan dihayati. *MAMPUKAH KITA MENCINTAI TANPA SYARAT* - - - sebuah perenungan Buat para suami baca ya … istri & calon istri juga boleh. 
 Dilihat dari usianya beliau sudah tidak muda lagi, usia yg sudah senja bahkan sudah mendekati malam, Pak Suyatno 58 tahun kesehariannya diisi dengan merawat istrinya yang sakit istrinya juga sudah tua.. mereka menikah sudah lebih 32 tahun. 
Mereka dikarunia 4 orang anak disinilah awal cobaan menerpa, setelah istrinya melahirkan anak ke empat tiba2 kakinya lumpuh dan tidak bisa digerakkan itu terjadi selama 2 tahun, menginjak tahun ke tiga seluruh tubuhnya menjadi lemah bahkan terasa tidak bertulang lidahnyapun sudah tidak bisa digerakkan lagi. Setiap hari Pak Suyatno memandikan, membersihkan kotoran, menyuapi, dan mengangkat istrinya keatas tempat tidur. Sebelum berangkat kerja dia letakkan istrinya didepan TV supaya istrinya tidak merasa kesepian. 
Walau istrinya tidak dapat bicara tapi dia selalu melihat istrinya tersenyum, untunglah tempat usaha Pak Suyatno tidak begitu jauh dari rumahnya sehingga siang hari dia pulang untuk menyuapi istrinya makan siang. Sorenya dia pulang memandikan istrinya, mengganti pakaian dan selepas maghrib dia temani istrinya nonton televisi sambil menceritakan apa2 saja yg dia alami seharian. 
Walaupun istrinya hanya bisa memandang tapi tidak bisa menanggapi, Pak Suyatno sudah cukup senang bahkan dia selalu menggoda istrinya setiap berangkat tidur. Rutinitas ini dilakukan Pak Suyatno lebih kurang 25 tahun, dengan sabar dia merawat istrinya bahkan sambil membesarkan ke empat buah hati mereka, sekarang anak2 mereka sudah dewasa tinggal si bungsu yg masih kuliah. 
Pada suatu hari ke empat anak Suyatno berkumpul dirumah orang tua mereka sambil menjenguk Ibunya. Karena setelah anak mereka menikah sudah tinggal dengan keluarga masing2 dan Pak Suyatno memutuskan Ibu mereka dia yg merawat, yang dia inginkan hanya satu … semua anaknya berhasil.
 Dengan kalimat yg cukup hati2 anak yg sulung berkata "Pak kami ingin sekali merawat Ibu semenjak kami kecil melihat Bapak merawat Ibu tidak ada sedikitpun keluhan keluar dari bibir Bapak. … bahkan Bapak tidak ijinkan kami menjaga Ibu". dengan air mata berlinang anak itu melanjutkan kata2nya "sudah yg keempat kalinya kami mengijinkan Bapak menikah lagi, kami rasa Ibupun akan mengijinkannya, kapan Bapak menikmati masa tua Bapak dengan berkorban seperti ini kami sudah tidak tega melihat Bapak, kami janji kami akan merawat Ibu sebaik-baik secara bergantian ..." Pak Suyatno menjawab hal yg sama sekali tidak diduga anak2 mereka."Anak2ku … Jikalau perkawinan dan hidup didunia ini hanya untuk nafsu, mungkin Bapak akan menikah … tapi ketahuilah dengan adanya Ibu kalian disampingku itu sudah lebih dari cukup, dia telah melahirkan kalian ... sejenak kerongkongannya tersekat … kalian yg selalu kurindukan hadir didunia ini dengan penuh cinta yg tidak satupun dapat menghargai dengan apapun. 
Coba kalian tanya Ibumu apakah dia menginginkan keadaannya seperti ini? Kalian menginginkan Bapak bahagia, apakah batin Bapak bisa bahagia meninggalkan Ibumu dengan keadaanya sekarang, kalian menginginkan Bapak yg masih diberi Tuhan kesehatan dirawat oleh orang lain, bagaimana dengan Ibumu yg masih sakit." Sejenak meledaklah tangis anak2 Pak Suyatno merekapun melihat butiran2 kecil jatuh dipelupuk mata Ibu Suyatno … dengan pilu ditatapnya mata suami yg sangat dicintainya itu.. Sampailah akhirnya Pak Suyatno diundang oleh salah satu stasiun TV swasta untuk menjadi nara sumber dan merekapun mengajukan pertanyaan kepada Suyatno kenapa mampu bertahan selama 25 tahun merawat sendiri Istrinya yg sudah tidak bisa apa2.. disaat itulah meledak tangis beliau dengan tamu yg hadir di studio kebanyakan kaum perempuanpun tidak sanggup menahan haru disitulah Pak Suyatno bercerita. "Jika manusia didunia ini mengagungkan sebuah cinta dalam perkawinannya, tetapi tidak mau memberi (memberi waktu,tenaga, pikiran, perhatian) adalah kesia-siaan. Saya memilih istri saya menjadi pendamping hidup saya, dan sewaktu dia sehat diapun dengan sabar merawat saya mencintai saya dengan hati dan batinnya bukan dengan mata, dan dia memberi saya 4 orang anak yg lucu2 ... Sekarang dia sakit karena berkorban untuk cinta kita bersama dan itu merupakan ujian bagi saya, apakah saya dapat memegang komitmen untuk mencintainya apa adanya. Sehatpun belum tentu saya mencari penggantinya apalagi dia sakit.



Wednesday, March 19, 2014

JANGAN BAWA TRUCK SAMPAH itu dalam diri kita

Hukum Truk Sampah…
Suatu hari saya naik sebuah taksi menuju Bandara. Kami melaju pada jalur yg benar ketika tiba-tiba sebuah mobil orange melompat keluar dari tempat parkir tepat di depan kami. Supir taksi menginjak pedal rem dalam-dalam hingga ban mobil berdecit dan berhenti hanya beberapa centi meter dari mobil tersebut.

Pengemudi mobil orange tsb mengeluarkan kepalanya & memaki ke arah kami. Supir taksi hanya tersenyum & melambai pada orang tersebut.
Saya sangat heran dengan sikapnya yang bersahabat, saya bertanya,:
"Mengapa anda melakukannya? Orang itu hampir merusak mobil anda dan dapat saja mengirim kita ke rumah sakit!"
Saat itulah saya belajar dari supir taxi tsb mengenai apa yg saya kemudian sebut "Hukum Truk Sampah".
Ia menjelaskan bahwa banyak orang seperti truk sampah. Mereka berjalan keliling membawa sampah, seperti frustrasi, kemarahan, kekecewaan. Seiring dengan semakin penuh kapasitasnya, semakin mereka membutuhkan tempat untuk membuangnya, & seringkali mereka membuangnya kepada anda. Jangan ambil hati, tersenyum saja, lambaikan tangan, berkati mereka, lalu lanjutkan hidup.

Jangan ambil sampah mereka utk kembali membuangnya kpd orang lain yang anda temui, di tempat kerja, di rumah atau dalam perjalanan. Intinya, orang yang sukses adalah orang yang tidak membiarkan "truk sampah" mengambil alih hari-hari mereka dengan merusak suasana hati.

Hidup ini terlalu singkat utk bangun di pagi hari dengan penyesalan, maka kasihilah orang yang memperlakukan anda dengan benar, berdoalah bagi yang tidak.
Hidup itu 10% mengenai apa yg kau buat dengannya dan 90% tentang bagaimana kamu menghadapinya.
Hidup bukan mengenai menunggu badai berlalu, tapi tentang bagaimana belajar menari dalam hujan.
Selamat menikmati hidup yang diberkati & bebas dari "sampah"

Source: Un-Known

Sunday, March 09, 2014

[TIPS] Yuk segarkan tampilan Speedometer bagian dalam Mitsubishi Kuda

cover speedometer Mitsubishi Kuda modifikasi
Seperti yg pernah saya janjikan beberapa waktu yang lalu saat memberikan TIPS bagaimana melepas speedometer assy Mitsubishi Kuda, berikut ini lanjutan TIPS nya.
Bagaimana menyegarkan tampilan cover bagian dalam Mitsubishi Kuda supaya terlihat lebih jelas dan tidak membuat "sepet" mata.
Yuuk simak langkah-langkahnya:
1. Siapkan alat dan bahannya terlebih dahulu.
    - Obeng Kembang untuk melepas speedometer assy
    - Amplas Halus
    - Cat semprot warna terang (putih, silver, kuning, dll)
    - Lap majun secukupnya atau Tissue juga boleh.
2. Lepaskan speedometer assy dari posisinya, bagaimana caranya klik link dibawah ini:
   http://achenk177.blogspot.com/2012/10/tips-melepas-speedo-meter-assy.html
3. Setelah speedometer assy terlepas, lepaskan cover depan yang bening dengan speedometer assy, lalu lepaskan spedoometer cover dan amplas dengan amplas halus.
lepaskan cover depan speedometer dengan menekan bagian yg bertanda panah
4. Setelah seluruh bagian depan diamplas bersihkan dengan air jangan lupa pakai sabun untuk menghilangkan sisa minyak yang menempel pada cover lalu kering kan.
5. Setelah cover kering, sekali lagi lakukan pembersihan menggunakan lap majun berih atau tissue kering.
6. Bila yakin sudah kering segera ambil cat semprot dan cat bagian depannya saja yang menghadapa ke steering, bagian blakang tidak perlu karena tidak terlihat juga kan.
7. Hati-hati saat menyemprot cat jangan terlalu dekat jaraknya nanti cat terlalu banyak dan meleleh, kan tampilan jadi jelek hehehehehe.
tampilan speedometer cover yg sudah di cat semprot
8. Setelah cat merata segera diamkan dengan diangin-anginkan, boleh juga dijemur dibawah sinar matahari.
9. Bila cat sudah kering pasang kembali ke speedometer assy, hati-hati tangan jangan sampai kotor, kan gak lucu cover speedo yg sdh dicat bagus-bagus malah kotor karena ada noda tangan.
10. Pasang kembali speedometer assy keposisi semula.
11. Lihat bedanya,..lebih segar kan....!!!!
Lihat bedanya,.....mana yg lebih segar,....

Monggo dicoba silakan brow,...

Wednesday, March 05, 2014

Hebat!! RODA aja bisa di PERAS

LUAR BIASAAAAA,....!!! itu yang terpikir oleh saya saat melihat tulisan didepan salah satu bengkel per di wilayah Jakarta Timur ini, tepatnya di Jalan Dermaga Raya.
Lho kok bisa luar biasa..?? Liat aja apa yang ditulis tuuuh..
Mekaniknya bisa MEMERAS RODA, betul gak....coba deh simak baik-baik.

Betulkan tulisannya PERAS-RODA....Mantab coy,...

Thursday, February 20, 2014

---4 SALE--- Karbu Mitsu Kuda Bensin 1600cc 100% NEW

Malem agan and aganwati langsung aje niih ane mo juwal ane punya spare part beli baru tapi gak kepake yaitu:

Karbu ASSY MITSU KUDA bensin 1600cc

Kondisi baru 100% DIJAMIN GAN,..!! belom pernah dipake ini barang

Alasan juwal karena karbu asli bawaan mobil gajadi diganti karena stelah di servis bagus lagi tuu

Harga Nego aje gan sampe jadi yeeee,...lagi BU neeh

Kontak achenk lewat telpon ape wassap juga oke di 0818665568

email juga oke di achenk@gmail.com

Maap yee kalo telpon gadiangkat soale ane kadang sibuk banget dilapangan jadi hape ditinggalin di meja gituuuh...

Makasih yang udah luangin waktu untuk baca iklan ini yeeee brapo.....





Pengunjung yang baik selalu meninggalkan kesan dan pesan...!!! Terima kasih

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails