Sunday, August 09, 2015

[TIPS] Pilih BBM mana yang cocok buat mobil anda sesuai dengan rasio kompresi mesin.


Setelah beberapa waktu yang lalu saya memberikan TIPS untuk pemilihan BBM atau Bahan Bakar Minyak yang sesuai dengan rasio kompresi mesin kendaraan kita, seperti link berikut ini:


Maka berikut saya berikan LIST tiap kendaraan di Indonesia sesuai dengan data rasio kompresi tiap2 mesin, tapi untuk pemilihan BBM sendiri ya tergantung dari anda selaku pemilik mobil betul tidak..? singkat kata “MOBIL-MOBIL GW MAO PAKE BBM APAKEK ITU HAK GW...”

Yang pasti himbauan dari Produsen mobil juga wajib diikuti, biasanya tercantum dalam Buku Pemilik Kendaraan atau OWNERS MANUAL BOOK, harus pakai BBM apa mobil tersebut dan berapa minimal RON yang harus dipilih lihat gambar 2 berikut ini.
Gambar 2, pilih BBM sesuai anjuran buku pemilik kendaraan

Mohon maaf saya baru bisa menyusun 12 merk kendaraan, kalau misalnya ada kendaraan sobat-sobit yang tidak tercantum di list tersebut maafkan saya yaaaaaa,….

So Cekidot bro and sis,…












Saturday, August 01, 2015

[TIPS] Pilih BBM Premium – Pertalite – Pertamax – atau Pertamax Plus

pilih BBM yg sesuai karakter mesin
Untuk kamu-kamu yang belum ngerti apa sih perbedaan bensin premium, pertalite, pertamax dan pertamax plus, ini penjelasan secara umumnya.
BBM atau Bahan Bakar Minyak dibedakan dari NILAI RON (Research Octane Number) Nilai RON adalah sebuah angka yang menggambarkan seberapa besar tekanan maksimum yang dapat diberikan didalam ruang mesin sebelum BBM terbakar secara menyeluruh. Artinya campuran BBM dan Udara yang sudah berbentuk gas dapat terbakar diruang bakar mesin secara cepat tergantung dari nilai RON sebelum busi memercikkan api diruang bakar mesin.

Semakin kecil nilai RON maka BBM semakin mudah terbakar, sebaliknya semakin besar nilai RON maka BBM akan semakin lama terbakar. Selain itu setiap mesin juga memiliki tekanan kompresi yang berbeda-beda, maka bila tekanan kompresi mesin kita rendah bisa cukup menggunakan BBM dengan nilai RON yang rendah pula, dan untuk tekanan kompresi mesin yang tinggi maka gunakanlah BBM dengan nilai RON yang tinggi pula.
Skema perbandingan antara nilai oktan dan rasio kompresi

Makanya sering kali kita denger keluhan dari pemilik mendaraan kalau mesin mobilnya sering NGELITIK alias KNOCKING dimana ada timbul suara saat kendaraan dipacu, hal ini lah salah satu akibat dari pemilihan BBM yang salah, mesin kendaraan tekanan kompresi tinggi dikasih BBM nya RON rendah.
Eh tapi ada yang ngakalin lho dengan penambahan OCTANE BOOSTER, yang katanya bisa naikkan nilai oktan, ya bisa aja tapi ka nada efek lain misalnya terjadi penggumpalan dan endapan diruang bakar.

Tips untuk memilih BBM yang baik untuk kendaraan kita adalah penggunaan angka oktan yang sesuai dengan tekanan kompresi kendaraan kita. Semakin tinggi kompresinya maka sebaiknya menggunakan BBM berangka oktan tinggi.

Untuk kendaraan berkompresi dibawah 8,8:1 masih dapat menggunakan premium namun untuk kendaraan dengan kompresi 8,8:1 sampai 9,3:1 sebaiknya menggunakan pertalite dan pertamax untuk kendaraan dengan kompresi 9,3:1 sampai 10,0:1 dan untuk kendaraan dengan kompresi 10,1 keatas sebaiknya menggunakan pertamax plus atau sejenisnya.

Apabila penggunaan kadar oktan tidak sesuai maka dapat menyebabkan mesin cepat rusak dan menumpuknya endapan diatas piston sehingga mempengaruhi performa dari mesin itu sendiri, dalam kondisi extreme bisa saja piston menjadi bolong.
Piston bolong karena salah pilih BBM
Ciri – ciri secara kasat mata untuk BBM adalah:
 Premium warna Kuning                                                                                                             Pertalite warna hijau
 Pertamax warna biru
 PertamaxPlus warna merah

Perbandingan Angka Oktan dan Rasio Kompresi:
Jenis BBM
Nilai Oktan
Rasio Kompresi
Pertamax Plus
95
10.0 : 1 ~ keatas
Pertamax
92
9.3:1 ~ 10.0: 1
Pertalite
90
8.8:1 ~ 9.3:1
Premium
88
Dibawah ~ 8.8:1

Kalau dibandingkan dengan mencium baunya maka bau Pertamax akan lebih tajam karena menggunakan trik aromatic, selain itu Pertamax juga lebih cepat menguap dibanding premium. Dan bila disulut api Pertamax akan lebih cepat menyambar ketimbang premium. Sangat berbeda jika ada didalam ruang bakar, Premium justru lebih mudah meledak (autoignition) dibanding Pertamax.

Demikian informasinya brothers and sisters,..
Terus untuk mengetahui Rasio Kompresi mesin mobil atau motor kita gimana.....

Tunggu ulasan TIPS berikut nya yaaaa,...ini lagi disusun data rasio kompresi mesin semua merk kendaraan di Indonesia

Salam REScue177

Monday, July 27, 2015

[TIPS] Melepas dan membersihkan Console tengah Mitsubishi Kuda

     
     Karena sudah terlalu lama tidak dibersihkan, biasanya debu dan kotoran sisa makanan maupun bungkus permen dan lainnya akan mengendap dan nyelip diantara interior Mitsubishi Kuda kita. Selain tidak sehat buat kita pengendara dan juga penumpang khususnya anak-anak, apalagi bisa mengundang banyak serangga datang seperti semut dan juga kecoak hiiiiyyyyy,…..
     Ayuk kita bersihkan sendiri gak perlu ke Salon mobil bisa kok kita telateni dengan membongkarnya dengan alat sederhana seperti obeng kembang dan lap kanebo.

Langkah membongkar center console sebagai berikut:
     1.       Lepaskan 6 (enam) buah screw disisi kiri dan kanan center console depan pakai obeng kembang lihat tanda panah merah di Gambar 1.
Gambar 1, lepaskan 6 screw yg ada
     2.        Lepaskan juga 4 (empat) screw lainnya di bagian center console tengah, 2 buah diluar dan 2 buah didalam, buka penutup console nanti akan terlihat 2 buah screw nya, pelototin tuh gambar 2.
     3.       Kemudian setelah semua screw terlepas, lanjut dengan mencungkil penutup center console pakai tangan aja gak perlu pakai alat, tuh liat di gambar 3.
     4.       Angkat penutup sampai socket untuk switch pemilih POWER dan NORMAL (Kuda Matic) terlihat dan lepaskan sockenya dari bawah dengan menekan penguncinya, lihat gambar 4.

Catatan: Untuk Kuda Manual socket PWR-NOR tidak ada, socket ini berfungi untuk pemilihan            MODE POWER atau MODE NORMAL pada Transmissi Matic supaya kudanya lebih    BERTENAGA atau penggunaan ekonomis (normal).
Gambar 2, Lepas 4 buah screw lainnya

Gambar 3, angkat penutup center console dari arah belakang

Gambar 4 socket untuk PWR - NOR lepaskan

     5.       Setelah socket terlepas angkat penutup center console kearah depan melewati tuas perseneling dibagian depan ada penguncinya tarik saja, lihat gambar 5.
Gambar 5, melepas penutup center console

     6.       Dari sini seluruh center console bisa diangkat keluar untuk dibersihkan dan dicuci bersih.
     7.       Bersihkan juga lantai karpet bagian dalam center console tempat bersemayamnya tuas persneling, disini biasanya banyak sekali debu terperangkap dan kadang kala juga bisa nemu harta karun seperti uang koin dll, lihat gambar 6.
Gambar 6, bersih-bersih deh kotoran yang ada

     8.       Setelah semua bersih, pasang kembali center console ke tempat asalnya.
     9.       Urutan pasang kebalikan dari urutan melepas tadi.

Selamat mencoba semoga interior Kuda kita akan selalu bersih dan bebas dari kotoran dan debu.


Keep Rolling Kuda-Klub – Salam REScue177

Wednesday, July 22, 2015

[TIPS] Bagaimana Cara Memeriksa dan Menyetel Fan Belt atau Drive Belt

Seperti yang pernah saya ulas di TIPS beberapa waktu yang lalu untuk mengetahui bunyi-bunyi cit-cit-cit saat kendaraan dihidupkan terutama di pagi hari, seperti link berkut ini:


Tip kali ini adalah lanjutan dari informasi TIPS diatas, dimana bila penggunaan air, wax maupun belt dressing tetapi belt masih bunyi juga berarti itu belt harus di setel ulang ketegangannya, bagaimana caranya..? ikuti langkah berikut.

   1.       Periksa lah ketegangan belt dengan cara menekannya dengan jari tangan, kalau belt kendur maka akan terasa lendutan belt yang jauh kearah dalam. Lakukan penekanan dengan kekuatan normal kira-kira 10kg (lihat gambar-1).
Gambar 1, cara periksa ketegangan fan belt atau drive belt

   2.       Kalau dibengkel biasanya menggunakan alat/special tools bernama “Belt Tension Gauge” dimana alat ini bisa untuk menekan atau menarik sesuai dengan kekuatan yang kita inginkan, nanti kekuatannya akan terukur pada jarum indicator (lihat gambar-2).
Gambar 2, Belt Tension Gauge

   3.       Nilai standard kelenturan dari belt bila ditekan dengan tenaga 10kg kira-kira 7.0-9.0 mm.
   4.       Bila ternyata belt tidak standard kelenturannya bisa dilakukan penyetelan sbb (Gambar 3):

4.1. Kendurkan nut/mur pada alternator pivot bolt
4.2. Lalu kendurkan “lock bolt” atau baut penguncinya.
4.3. Gunakan “adjusting bolt” atau baut penyetel untuk mengatur ketegangan dari belt sampai sesuai         dengan nilai standard nya (lihat table-A untuk nilai standard antara belt lama dan belt baru).
4.4. Kencangkan kembali nut/mur alternator pivot bolt.
      Momen pengencangan 2.3 Kgm
4.5. Kencangkan kembali “lock bolt”
      Momen pengencangan 2.2 Kgm
4.6. Kencangkan kembali “adjusting bolt”
      Momen pengencangan 0.5 Kgm
Gambar 3, Cara menyetel fan belt atau drive belt

    5.       Hidupkan mesin dan periksa kembali putaran pulley dan belt apakah sudah baik.
    6.       Pastikan bunyi cit-cit-cit tidak timbul lagi.

Table A, nilai Standard ketegangan dan kelenturan Belt 

Catatan: bila ternyata problem masih muncul kemungkinan belt harus diganti dengan yang baru.

Thursday, July 16, 2015

[TIPS] Bunyi men-cit-cit saat mobil dinyalakan itu kenapa sih..? Berisiiiik tauuu,...

Bunyi cit-cit-cit mengganggu banget berisiiik
Ya,..sering banget denger mobil kalau di hidupkan pagi-pagi suka timbul bunyi “cit-cit-cit”, selain gak enak didengar bunyi nya juga ganggu tetangga, biasanya terjadi bila mobil jarang dilakukan perawatan, jangankan merawat membuka kap mesin sekedar untuk periksa air dan oli aja gak pernah.

Jangan-jangan ada apa dibawah kap mesin juga kita gak tau,…cuma bisa nya pakai dan nyetir doangan tanpa peduli kondisi mesin mobil yang kita gunakan,…kalau itu mobil bisa ngomong pasti udah teriak-teriak,…” woiii jangan cuma dipake doang rawat dong".... itu mungkin kata si mobil,..hehehehe, jangan sampai kejadian kayak gambar dibawah ini yeeeee,…tuuh ngeriiiihhh
Ada penghuni dari dunia lain yang mampir  ke bawah kap mesin mobil kita
Balik ke masalah bunyi “cit-cit-cit”, biasanya bunyi berasal dari kondisi fanbelt atau drive belt yang sudah mulai mengeras dan kering, solusi sementara bisa dikucurin air disekitar belt yang kering tadi atau diolesi sedikit lilin/wax biar lentur.

Kalau mau sedikit keluar uang bisa semprot pake cairan “BELT DRESSING” fungsinya supaya belt kembali lentur dan duduk pada PULEY nya.
Contoh-contoh produk belt dressing bisa dilihat pada gambar dibawah ini niih

Tapi bila sudah diberikan air atau lilin/wax juga sudah disemprot belt dressing masih bunyi juga itu artinya BELT perlu di setel ulang ketegangannya, Bagaimana cara menyetel belt tunggu TIPS berikutnya yaaaaa,…. Ditunggu sajaaaaa,…
tunggu TIPS berikutnya.....

Tuesday, July 14, 2015

[TIPS]Bikin dan pasang sendiri “RAIN GUARD”

Rain Guard yang sudah terpasang
Lagi liat2 situs online shop nemu accessories yang namanya RAIN GUARD, katanya sih  berfungsi untuk menghindari cipratan air hujan menempel pada kaca spion, sehingga kaca spion akan selalu jernih karena tidak ada tetesan air yang menempel (gambar-1).
Gambar 1 ukuran rain guard online shop
Dari pada beli coba bikin sendiri aja, kebetulan dirumah ada sisa plastic bekas tutup pagar rumah, bisa dimanfaatkan dengan sedikit kreatifitas, ayoook kita bikin yooook.

Siapkan alat dan bahannya dulu:
      1.       Gunting
      2.       Penggaris
      3.       Obeng minus
      4.       Spidol atau crayon
      5.       Plastik agak tebal tapi lentur (bisa ambil dari bekas file)
      6.       Double tape
      7.       Sticker warna hitam
Gambar 2 Rain Guard made in dewek ukuran panjang 22cm lebar 6cm
Langkah pengerjaan dan pemasangan:
     
      1.      Ambil plastic tebal namun lentur potong sesuai ukuran besarnya rumah spion, semakin besar rumah spion maka ukuran plastic juga harus besar, gak lucu kan kalo rumah spionnya besar tapi plastic rain guardnya kecil.
      2.       Saya membuat ukuran panjang 22cm dan lebar 6cm (gambar-2), sementara yang dijual di online shop ukurannya panjang 18cm dan lebar 5,5cm
Gambar 3, pola rain guard mirip siluet mobil sedan yaaa
      3.       Bentuk rain guard sesuai keinginan gunakan spidol atau crayon untuk membuat polanya, kalau saya bikin polanya mirip seperti siluet mobil sedan tuh liat photonya (gambar-3).
      4.       Karena plastic tebal saya punya berwarna putih, maka saya melapisinya dengan sticker doff warna hitam (gambar-4) supaya lebih bagus dan warnanya juga tidak belang blentong.
Gambar 4, plastik pola rain guard dilapis sticker doff hitam spy lebih rapi
      5.       Pasang double tape sepanjang sisi dalam dari rain guard yang sudah dibentuk dan sudah di lapisi sticker hitam doff (sisi yang lurus), lihat (gambar-5).
Gambar 5 Pola sudah dipasang double tape
      6.       Dari sini rain guard siap dipasang pada rumah spion, ikuti langkah selanjutnya.
      7.       Atur kaca spion dengan menekan tombol pengatur dari dalam buat kaca mengarah ke bawah, supaya jarak rumah spion diatas menjadi lebar (gambar -6).
Gambar 6, atur kaca spion agar mengarah kebawah supaya mudah pasang rain guard
      8.       Pasang rain guard pada rumah spion lakukan secara bertahap dari arah luar atau dalam, dengan sebelumnya bersihkan bagian dalam rumah spion dengan lap yang bersih juga jangan lupa lepaskan plastic double tape nya.
      9.       Tekan2 rain guard yang ada double tape nya menggunakan obeng minus, dan pastikan double tape merekat dengan kuat pada rumah spion bagian dalam (gambar-7).
Gambar 7, tekan double tape pakai obeng minus supaya duduk sempurna
      10.   Atur posisi rain guard jangan terlalu keluar, karena kalau posisinya terlalu keluar maka saat spion ditutup nanti rain guard akan menyentuh kaca akibatnya rain guard bisa rusak dan terlepas.
      11.    Rain guard sudah terpasang dengan sempurna (gambar-8).
gambar 8, rain guard sudah terpasang dengan sempurna
Tuuuh gampang kan bikin rain guard nya,..semua juga bisa toooh,…oia rain guar ini bisa diaplikasikan untuk semua kendaraan lhooo,…. Coba doooong cobaaaaa,…bikin sendiri…

Friday, July 10, 2015

Layanan “SMiLe” Campaign MITSUBISHI Kembali Hadir


Guna melayani pemudik yang menggunakan kendaraan Mitsubishi, tahun ini PT.Krama Yudha Tiga Berlian Motors selaku distributor resmi kendaraan Mitsubishi Motors dan Mitsubishi Fuso Truck and Bus di Indonesia kembali menggelar layanan SMiLe (Senyum Mitsubishi dihari Lebaran) Campaign.

Dibagi dalam dua periode PRA-LEBARAN 15-31 Juni 2015 dan saat LIBUR LEBARAN 12-22 Juli 2015, Mitsubishi menmbuka POSKO SIAGA 24JAM dibeberapa titik rawan antara lain:

NO
NAMA POSKO
ALAMAT POSKO
TELPON POSKO
1
POSKO NAGREK
Jl. Raya Lingkar Nagrek
081296935839
2
POSKO PASIR PUTIH
SPBU 54-683-10 Rest. Utama Raya – Situbondo
081296935729
3
POSKO TOL KANCI KM226
Tol PaliKanci Rest Area 226
081296935689
4
POSKO PUNCAK
RM Tugu Jl. Raya Puncak KM 85
081296934821
5
POSKO TOL CIKAMPEK KM39
Jl. Tol Jakarta Cikampek KM39
081296935768
6
POSKO SIMPANG PASIR PANGARAIAN
Jl. Lintas Sumatera Rantau Berangin
081296935865
7
POSKO TOL SERANG
Jl. Raya Tol Merak Cikuasa RM Simpang Raya
081296935930
8
POSKO TOL CIPALI
Tol Cipali Rest Area KM102
081296935759


Selain itu ada juga diler yang SIAGA buka 24JAM pada tanggal 14-22 Juli 2015, ada di 29 lokasi/kota mulai dari Ujung atas Sumatera yakni Medan sampai ke pulau Sulawesi di Makassar.

Kemudian pada tanggal 16-19 Juli 2015 yang seharusnya libur karena bertepatan dengan hari raya Idul Fitri, ternyata ada diler yang buka dan siap melayani pemudik selama jam kerja di 26 lokasi/kota diluar dari 29 diler yang SIAGA BUKA 24JAM diatas.

Kurang apalagi Mitsubishi,…

MUDIK NYAMAN SELAMAT SAMPAI TUJUAN AYOOOOK PAKAI MITSUBISHI,……

Thursday, June 25, 2015

[TIPS] Cara melepas bracket plat nomor depan Mitsubishi Mirage

Cara lepas bracket dudukan plat nomor Mirage
            Buat driver yang gak paham teknis mungkin akan kesulitan untuk melepas dudukan plat nomor ini, karena saat dua buah baut 10 dikendurkan kok baut nya gak mau lepas-lepas..?? (gambar 1) lhooo kok gitu….?? Ya itu karena mur dibagian dalam bumper ikut muter, trus gimana caranya nahan mur 10 yang muter tadi..? 
"gak ada celah lho buat masukin tangan kita…?"
Begitu mungkin pikiran yang terlintas di otak kita,..
Gambar 1. ada dua baut pemegang bracket plat nomor
Tenang sob,….. Buat rekan2 pengguna Mitsubishi Mirage, berikut ini langkah-langkah cara melepaskan dudukan atau bracket plat nomor polisi bagian depan Mitsubishi Mirage.

Siapkan dulu alat dan kunci-kuncinya:
1.       Kunci shock 10
2.       Kunci pas 10

Langkah melepas dudukan atau bracket plat nomor depan Mitsubishi Miraga sebagai berikut:

11. Buka kap mesin mobil, maksudnya supaya lebih terang dan leluasa saat ngoprek.
22. Kendurkan dua buah baut 10 pada bagian depan bracket (gambar 2)
Gambar 2, dua buah baut dilihat dari atas
33. Periksa bagian ruang mesin bagian kiri depan (posisi berdiri kita ada didepan mobil), disana ada cover plastic dekat radiator (gambar 3)
Gambar 3, cover plastik dan klip nya (tanda panah)
44. Lepaskan klip cover plastic  dengan mengungkit penguncinya lalu dorong kearah bawah (gambar 4).
Gambar 4, cara lepas clip cover plastic
55. Bila klip cover plastic sudah terlepas angkat cover kearah depan kemudian masukkan tangan kiri kita dan arahkan menuju mur 10 dibalik bumper depan (gambar 5).
Gambar 5, clip kondisi terlepas
66. Tahan baut 10 yang memegang bracket sambil mur dibagian dalam bumper diputar dengan tangan, putar mur 10 tersebut sampai terlepas kemdian keluarkan, hati-hati jangan sampai lepas karena kalau lepas bisa jadi malah hilang terselip diantara bumper dan komponen lain didalam bumper.
77. Setelah ke dua mur 10 lepas maka bracket dan baut 10 dapat ditarik dengan mudah (gambar 6)
Gambar 6, bracket dapat dilepas dengan mudah
88. Untuk memasang nya kembali bracket ini lakukan urutan kebalikan dari melepaskan.


Demikian tips cara melepas dudukan atau bracket plat nomor depan Mitsubishi Mirage, semoga bermanfaat.
Pengunjung yang baik selalu meninggalkan kesan dan pesan...!!! Terima kasih

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails